Posted by : (Sadam Dwi Prasetyo) Senin, 26 Desember 2011

Semakin berkembang nya Japan entertainment berupa Anime, Tokusatsu, Jdorama, Jpop Dll semakin bertambah juga fans dari Produk Entertainment Negeri Sakura ini. Dengan demikian semakin bermunculan fansub untuk para fans, fansub itu sendiri di buat oleh fans. Berikut pengertian dari fansub:
Fansub (Kependekan dari fan-subtitled) adalah versi dari acara televisi yang telah dialihbahasakan oleh para penggemar dan telah diberi teks terjemahan dalam bahasa selain bahasa aslinya. Materi yang paling umum dalam fansub berbahasa Inggris adalah  Anime Jepang. Fenomena yang serupa berlaku juga dalam bahasa secara umum selain bahasa Inggris.


Karena tindakan pendistribusian “materi yang disubtitle oleh fan” merupakan pelanggaran hak cipta di beberapa negara, implikasi dari kegiatan produksi, distribusi, dan menonton fansub adalah topik yang penuh kontroversi sepanjang masa, meskipun faktanya kelompok fansub tidak mengambil keuntungan finansial dari kegiatan mereka, dan dalam banyak kasus menghentikan distribusi apabila pekerjaan mereka menjadi materi terlisensi dalam region bersangkutan.
Tidak hanya di luar negeri saja, fansub juga sudah berkembang di indonesia. Banyak sekali fansub yang bersubtitle kan indonesia di dunia maya di antara yaitu Anime sub indonesia, moesub, kaze sub, souki-hasshou, dll. Walaupun fansub tidak mengambil keuntungan apapun dari para penggemar, tetap saja mereka dengan antusias mengisi halaman fansub nya dengan produk hiburan berupa film ini yang sudah di translate kan ke bahasa indonesia. Ini adalah bentuk rasa berbagi dari fans ke fans yang lain. (Materi ini di Copas dari : http://berboldista.wordpress.com/2011/10/17/pengertian-fansub/)


Inilah salah satu daftar fansub yang ada di indonesia beserta link alamatnya :

ANIME & TOKUSATSU FANSUB :
JDORAMA & JPOP FANSUB :
Korean DRAMA FANSUB :
  • Belum Ada
MANGA FANSUB :

Leave a Reply

Mohon Posting komentar Anda

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Warpiss Indonesia - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -